Server2Go, Webserver portable php dan mysql

Written By Chio Chyo on Tuesday, March 8, 2011 | 7:01 AM

Barangkali hal ini sering dipertanyakan oleh programmer php, bagaimana belajar pemrograman php dengan tidak selalu upload ke server, artinya dengan membuat webserver dilokal, apalagi yang bisa di pindah-pindah dengan menggunakan flash disk tanpa harus kopi paste sourcenya.
Salah satu solusinya ya menggunakan Aplikasi Server2Go ini, yang merupakan aplikasi webserver yang suppor dengan PHP berikut dengan database servernya. Secara lengkap dapat di lihat di situs reminya http://www.server2go-web.de/. Sever2GO sendiri memiliki beberapa paket yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, paket tersebut ada dibawah ini.

Package Apache 1.3.35 Apache 2.0.61 Apache 2.2.8
PHP 5.2.6, SQLite ZIP (~16 MB) - -
PHP 5.2.6, SQLite, MySQL 5.0.41 ZIP (~39 MB) ZIP (~41 MB) ZIP (~43 MB)
PHP 5.2.6, SQLite, MySQL 5.0.41, Perl 5.8 ZIP (~87 MB) ZIP (~88 MB) ZIP (~90 MB)
Mini-Package
(only needed files)
PHP 5.2.6, SQLite, MySQL 5.0.41
ZIP (~18 MB) ZIP (~23 MB) -
Micro-Package
(Plain vanilla Apache without PHP, Perl and MySQL)
ZIP (~5 MB) - -
Untuk yang kecil dan ringan tapi lengkap bisa menggunakan paket mini, lumayan untuk kondisi saat ini, yang service cukup uptodate.

Setelah file di download barulah extrak diflashdisk, setelah itu tinggal jalanin tuh file server2go.exe, webserver akan jalan dengan sendirinya ditandai dengan munculnya icon di tray, kemudian menampilkan internet explorer yang mengakses alamat http://localhost
struktur directorinya server2go menyerupai struktur directori server pada umumnya, untuk folder dan file yang utama anta lain folder htdocs adalah tempat meletakkan file php yang bisa diakses melalui internet explorer dengan alamat http://localhost, file pms_config.ini untuk mengatur seting server2go port webserver, port database dan lain sebagainya, folder server\config_tpl berisi konfigurasi webserver maupun databasenya, php.ini, my.ini maupun httpd.conf
Sedangkan untuk menghentikan webserver sangatlah mudah, klik kanan icon server2go yang ada di tray(sampingnya jam digital, kanan bawah pada layar) kemudian klik shutdown webserver, maka semua server yang terkait webserver akan berhenti.
Untuk codingnya bisa menggunakan notepad++ yang bisa di download di sini, sehingga coding php terasa lebih nyaman karena di flashdisk atau external harddisk sendiri.
Selamat mencoba, webserver ini juga bisa dijalankan di CD, webserver akan membuat database temporary di folder C, jadi secara otomatis database akan tersimpan di local komputer, untuk mengatur seting temporary database bisa di lihat file pms_config.ini.

Written by : Chio Chyo ~Home Work

Blog, Updated at: 7:01 AM

0 comments:

Post a Comment